Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam SD
2
“Benda
Padat Dalam Kehidupan Sehari-hari”
Metode
Make a Match
Dosen Pengampu :
Drs. Rusmansyah, M.pd
Disusun Oleh :
Najwa Syarofa
NIM.
A1E312160
Kelompok : 4
Kelas : II B
PROGRAM
STUDI S-1 PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
LAMBUNG MANGKURAT
BANJARMASIN
2013
Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
SD/MI : SD
Mata
Pelajaran : Ilmu Pengetahuan Alam
Materi
Pokok : Benda Padat Dalam Kehidupan Sehari-hari
Kelas/Semester : III/I
Alokasi
Waktu : 2x35 menit
Siklus/Pertemuan : 1/1
A.
STANDAR
KOMPETENSI
1.1 Mengidentifikasi benda padat.
B.
KOMPETENSI
DASAR
1.1 Mengidentifikasi penggunaan benda padat dalam kehidupan sehari-hari.
C.
INDIKATOR
·
Mencocokkan
benda-benda padat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.
D.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.1 Dengan
diperlihatkannya kartu
tentang jenis benda padat,
siswa diharapkan dapat menentukan berbagai jenis benda padat dalam kehidupan sehari-hari dengan
tepat.
1.2 Dengan diperlihatkannya kartu berbentuk benda padat,
siswa diharapkan dapat menggunakan manfaat benda-benda padat pada kehidupan
sehari-hari dengan baik.
1.3 Dengan
diperlihatkannya kartu
dengan bentuk benda padat, siswa diharapkan dapat menggolongkan
jenis benda-benda
padat di kehidupan sehari-hari dengan benar.
E.
MATERI
PEMBELAJARAN
Benda Padat
Setiap benda mempunyai sifat. Benda yang berbeda wujud mempunyai sifat
benda yang berbeda. Sebagai contoh benda padat sifatnya berbeda dengan cair.
Demikian juga benda cair sifatnya berbeda dengan benda berwujud gas. Benda
padat bentuknya selalu tetap, walaupun dimasukkan kedalam ember, stoples,
ataupun wadah lain, bentuknya tidak berubah. Walaupun di pindah-pindahkan ke
wadah yang berbeda, ukuran benda padat tidak berubah.
Bentuk benda padat perbedaannya terdapat pada tingkat kekerasannya,
sebagai contoh: garam, apel, dan keju. Apel merupakan benda yang paling keras
dibandingkan dengan garam dan keju. Berdasarkan kelarutannya, garam lebih mudah
larut dibandingkan dengan apel dan keju.
Dari materi di atas bahwa mencocokkan benda-benda berdasarkan jenis bentuknya dan sifat-sifatnya
dibedakan menjadi tiga golongan, yaitu benda padat yakni sifat selalu tetap dan tidak berubah bentuk,
benda cair yakni benda yang
bersifat(volume) benda cair tidak berubah karna dimanapun dia berada meskipun
di tuangkan pada benda yang berbeda tetap sama, dan benda gas yakni bersifat
berubah-ubah karena dimana benda gas akan memenuhi semua bentuk/volume yang dia
tempati.
F.
STRATEGI
PEMBELAJARAN
1.1 Model
Pembelajaran : Make a match.
1.2 Metode
Pembelajaran : Diskusi kelompok, penugasan, presentasi
G.
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
1.1 Kegiatan
Pendahuluan (5 Menit)
1. Mempersiapkan
psikis dan fisik semua siswa
untuk mengawali pelajaran.
2. Menjelaskan
tujuan atau kompetensi dasar.
3. Mengajukan
pertanyaan (Appersepsi)
4. Menyampaikan
cakupan materi dan uraian kegiatan.
1.2 Kegiatan
Inti (50 Menit)
1. Guru menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2. Menyajikan materi sebagai pengantar.
3. Guru membagikan kartu kegiatan berkaitan dengan materi.
4. Guru memanggil siswa secara bergantian mengurutkan
kartu-kartu pada teman sekelas yang mana akan menjadi
urutan yang logis.
5. Guru menanyakan alasan / dasar pemikiran urutan
kartu tersebut untuk diberi poin jika benar.
6. Dari alasan / urutan kartu tersebut guru memulai menanamkan konsep / materi sesuai dengan kompetensi yang ingin
dicapai.
1.3 Kegiatan
Akhir (15 Menit)
1. Merangkum.
Guru
membimbing siswa untuk menyimpulkan pelajaran yang telah dipelajari
2. Melakukan
penilaian/refleksi.
Guru
melakukan penilaian atau melaksanakan tes berupa kartu berbentuk gambar dan beberapa
pertanyaan.
3. Memberikan
umpan balik.
Guru
memberikan gambaran kepada anak terhadap pembelajaran yang telah dipelajari.
Pada kegiatan ini guru juga memberikan hadiah bagi siswa yang mampu memahami
pelajaran dengan baik.
4. Merencanakan
tindak lanjut.
Guru
melaksanakan pemberian tugas rumah (PR) dan memberikan rencana atau tugas untuk
pertemuan selanjutnya.
6. Menyampaikan rencana berikutnya.
Memberikan
rencana berupa materi yang harus dipelajari siswa untuk pertemuan selanjutnya.
H.
MEDIA/ALAT/SUMBER
BAHAN
1.1 Media
:
1. Papan
tulis sebagai media pembelajaran.
2. Kertas karton berbentuk kartu untuk dicocokkan.
3. Bentuk-bentuk benda padat
sebagai media pembelajaran.
1.2 Alat : Spidol dan Kertas
1.3 Sumber
Bahan :
1. IPA
Salingtemas 3/Choiril Azmiyawati, Wigati Hadi Omegawati, Rohana Kusumawati; editor, Khori
Arianti, Anis Dyah R.; ilustrator, Kun
Ali
Said...[et al.].-- Jakarta: Pusat Perbukuan, Kementerian Pendidikan Nasional, 2010.
2. Ilmu Pengetahuan Alam 3 : untuk SD dan MI Kelas 3 / penulis,
Aprilia, Afifatul Achyar ; editor, Lislis Ratnaningsih.— Jakarta : Pusat
Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional, 2009
I.
PENILAIAN
1.1 Prosedur tes :
Tes awal, proses, tes akhir
1.2 Teknik : Llisan,
tertulis, perbuatan
1.3 Bentuk :
Pilihan ganda
1.4 Instrument tes/soal : Terlampir
1.5 Kunci jawaban
: Terlampir
1.6 Bobot nilai :
Setiap soal yang benar diberi nilai 20
1.7 Kriteria Penilaian : KKM 70
|
Banjarmasin, Mei 2013
Guru,
…………………………..
Lampiran
1
Jawablah pertanyaan di
bawah ini dengan memberi tanda silang (X) pada huruf a, b, c, atau d yang
kalian anggap paling tepat!
1.
Benda
berikut yang bentuknya selalu tetap yaitu…..
a.
Tinta
b.
Batu
c.
Miyak
wangi
2.
Benda
padat memiliki sifat….
a.
Ukurannya
tetap
b.
Bentuknya
tetap
c.
Bentuknya
berubah menempati wadah yang ditempatinya
3.
Bentuk
penggaris yang dimasukkan ke dalam tas yaitu….
a.
Persegi
panjang
b.
Seperti
tas
c.
Lingkaran
4.
Benda
yang tidak dapat mengalir dan bentuknya tetap, adalah….
a.
Minyak
tanah
b.
Pisau
c.
Air
5.
Benda
yang dapat tenggelam, yaitu….
a.
Udara
b.
Air
c.
Batu
Lampiran
2
Penilaian
No
Soal
|
Kunci
Jawaban
|
Skor
|
1
|
b.
Batu
|
|
Total untuk no 1
|
20
|
|
2
|
b.
Bentuknya
tetap
|
|
Total untuk no 2
|
20
|
|
3
|
a.
Persegi
panjang
|
|
Total untuk no 3
|
20
|
|
4
|
b. Pisau
|
|
Total untuk no 4
|
20
|
|
5
|
c. Batu
|
|
Total untuk no 5
|
20
|
|
Nilai = jumlah soal yang benar x 20
|
SILABUS
Mata pelajaran :
Ilmu Pengetahuan Alam
Kelas/Semester :
III/I
Standart Kompetensi :
Mengidentifikasi benda padat
KOMPETENSI DASAR
|
MATERI POKOK/
PEMBELAJARAN
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR
|
PENILAIAN
|
ALOKASI WAKTU
|
SUMBER BELAJAR
|
1.1.Mengidentifikasi penggunaan benda padat dalam kehidupan sehari-hari
|
Benda padat
|
·
Menyajikan materi
sebagai pengantar.
·
Membagikan kartu
kegiatan berkaitan dengan materi.
·
Memanggil siswa
secara bergantian mengurutkan kartu-kartu pada teman sekelas yang mana akan
menjadi
urutan yang logis.
·
Menunjukan
setiap nama benda-benda padat.
·
Mendiskusikan
fungsi benda padat secara umum.
·
Presentasi
hasil diskusi.
|
· Mencocokkan benda-benda padat yang berhubungan
dengan kehidupan sehari-hari.
· Menjelaskan fungsi benda padat pada kehidupan
sehari-hari.
· Mendiskusikan sifat dan fungsi setiap nama benda-benda
padat.
|
· Tes: tulis,
lisan, unjuk kerja
· Non tes: observasi
|
2jp x 35 menit
|
·
Buku materi
tentang benda padat
·
Model
kartu-kartu
|
Mengetahui, Banjarmasin, Mei 2013
Kepala SDN………………………. Peneliti,…………………...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar